Secara teoritis, dari hasil penelitian jurnal tersebut merupakan pengujian atau verifikasi teori dari faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam perpindahan merek pada produk dengan keterlibatan tinggi (high involment) dalam proses pengambilan keputusan yang kompleks. Hasil pengujian dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program aplikasi AMOS 5 menunjukkan bahwa model penelitian yang diajukan dapat diterima (acceptable fit) sesuai dengan data yang diobservasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai chi–square yang marginal, yaitu sebesar 15.705, derajat kebebasan (degree of freedom) = 10, tingkat probabilitas
(probablility level ) = 0.108; CMIN /DF = 1.571, GFI = 0.971, AGFI = 0.919; TLI yang marginal sebesar = 0.928; CFI = 0.966; dan RMSEA = 0.063. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari 11 hipotesis yang diajukan, 8 hipotesis diantaranya didukung sementara 4 hipotesis lainnya tidak didukung. Keempat hipotesis yang tidak didukung adalah : H4, H5, H7 dan H11. Terkait dengan permasalahan penelitian , maka hubungan antar variabel yang diteliti dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Prior experience berpengaruh positif terhadap Product knowledge. 2. Prior experience dan Product knowledge berpengaruh positif terhadap Satisfaction. 3. Product knowledge berpengaruh negatif terhadap Media search , sedangkan Satisfaction berpengaruh positif terhadap Media search. 4. Satisfaction dan Media search berpengaruh positif terhadap Consideration – set size. 5. Consideration – set size berpengaruh positif terhadap Retailer Search. 6. Satisfaction, Consideration – set size dan Retailer Search berpengaruh positif terhadap Brand switching behavior.
(probablility level ) = 0.108; CMIN /DF = 1.571, GFI = 0.971, AGFI = 0.919; TLI yang marginal sebesar = 0.928; CFI = 0.966; dan RMSEA = 0.063. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari 11 hipotesis yang diajukan, 8 hipotesis diantaranya didukung sementara 4 hipotesis lainnya tidak didukung. Keempat hipotesis yang tidak didukung adalah : H4, H5, H7 dan H11. Terkait dengan permasalahan penelitian , maka hubungan antar variabel yang diteliti dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Prior experience berpengaruh positif terhadap Product knowledge. 2. Prior experience dan Product knowledge berpengaruh positif terhadap Satisfaction. 3. Product knowledge berpengaruh negatif terhadap Media search , sedangkan Satisfaction berpengaruh positif terhadap Media search. 4. Satisfaction dan Media search berpengaruh positif terhadap Consideration – set size. 5. Consideration – set size berpengaruh positif terhadap Retailer Search. 6. Satisfaction, Consideration – set size dan Retailer Search berpengaruh positif terhadap Brand switching behavior.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar