Selasa, 08 Januari 2013

Mengatasi tauran antar pelajar



Tawuran merupakan suatu kegiatan perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok atau suatu rumpun masyarakat. Di Indonesia sendiri tawuran telah menjadi tradisi, atau bahkan budaya. Prilaku menyimpang ini biasanya diakbatkan oleh masalah sepele atau bisa saja disebabka oleh hal-hal serius yang menjurus pada tindakan bentrok. Tauran diindonesia sering terjadi pada kalangan pelajar,mahasiswa,maupun masyarakat desa dan desa lain, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi tauran yang mengakibatkan kerugian.
FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL
  1. Faktor internal, faktor ini merupakan faktor utama penyebab para pelajar banyak yang “ikut-ikut” tawuran diantaranya.
    • Ajakan teman, beberapa pelajar yang tawuran ternyata ada diantara karena ajakan teman, karena takut dibilang “cupu loe ga mau ikut tauran, punya nyali ga loe..??” atau “ini kan buat kebaikan sekolah kita, klo loe ga ikut mending ga usah jadi temen gue..”, hal ini juga pernah terjadi pada diri saya pribadi, akan tetapi saya selalu mengabaikan hal tersebut karena saya tahu hal itu tidak berguna.
    • Mental yang lemah, tidak mau dibilang “cupu” atau “culun” banyak diantara mereka terlibat dalam tawuran, ini mencerminkan bahwa mental para pelajar kita sangatlah lemah, hal ini tentu harus segera diperbaiki secepatnya, mulai dari diri sendiri dengan dibantu pihak-pihak terkait seperti guru dan orang tua.
  2. Faktor eksternal, selain faktor internal faktor eksternal secara tidak langsung mendorong para pelajar pelajar untuk melakukan aksi tawuran, diantaranya.
    • Ekonomi, biasanya para pelaku tawuran adalah golongan pelajar menengah kebawah ini disebabkan faktor ekonomi mereka yang pas-pasan bahkan cenderung kurang membuat membuat mereka melampiaskan segala ketidakberdayaannya lewat aksi perkelahian tersebut, karena diantara mereka merasa dianggap rendah ekonominya dan akhirnya ikut tawuran agar dapat dianggap jagoan.
    • Perhatian, kurangnya perhatian dari orang-orang disekitar mereka seperti orang tua dan guru membuat mereka bebas dan bisa melakukan segala sesuatu sesuka hati mereka, termasuk tawuran diantaranya.
Dari factor-faktor diatas mungkin kita dapat lebih paham bagaimana cara mengatasi tauran :
- Peran orang tua untuk Mengawasi pergaulan bebas anaknya, hal ini sangat penting karena    mempengaruhi cara berfikir anak dan psikologi,dengan orang tua mengawasi pergaulan dan member pendidikan,tanamkan moral dan etika yang baik pada anak sehingga anak dapat berprilaku baik.

- bergaul dengan positif dilingkungan positif jangan dipengaruhi teman yang mengajak berbuat negativ
- memperdalam iman dengan ini sifat sikap dan batinpun tidak akan berpengaruh.
 Dengan hal diatas tersebut  semoga kita dapat mengambil kesimpulan yang baik terutama bagi para pelajar yang dididik untuk menjadi generasi negeri yang pintar dan membanggakan bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar