Selasa, 29 April 2014

INFLASI DAN PENGANGGURAN

      inflasi adalah kecendrungan kenaikan harga barang dan jasa pada umumnya yang berlangsung secara terus menerus, jika inflasi meningkat maka harga barang-barang didalam negeri meningkat atau semakin mahal, naiknya harga barang sama dengan turunnya nilai mata uang.
      tingkat pengangguran adalah presentase dimana banyak individu yang menginginkan bekerja tetapi tidak bisa bekerja karena sulitnya lapangan kerja yang disebabkan banyak faktor.

pengaruh inflasi terhadap pengangguran
    
dalam jangka pendek, kenaikan tingkat inflasi menunjukan pertumbuhan ekonomi. namun dalam jangka panjang peningkatan inflasi dapat berdampak buruk, yang menyebabkan barang domestik lebih mahal dibanding barang impor dan masyarakat menjadi terdorong untuk membeli barang impor yang lebih murah, harga barang domestik yang lebih mahal menyebabkan turunnya daya saing barang domestik dengan dipasar internasional dan berdampak nilai ekspor semakin menurun dan nilai imporcendrung naik. kurang bersaingnya barang dan jasa domestik berdampak pada pengurangan produksi didalam negeri sehingga yang akan menyebaban banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya. dampak yang lebih jauh adalah tingkat pengangguran yang semakin meningkat, dengan demikian tingkat inflasi dan tingkat pengangguran dapat dijadikan dua parameter untuk yang dapat digunakan untuk mengukur baik buruknya kesehatan ekonomi disuatu negara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar